Introvert dan Pemalu adalah dua hal yang berbeda. Aku sih kebetulan mengidap dua-duanya, parah memang tapi rapopo. Dan siapapun kamu, iya kamu! perlu tau tentang introvert, kenapa? ya siapa tau aja kamu, pacar,anak atau siapamu itu introvert jadi biar lebih mudah memahaminya. Blog ini sekedar catatan hitam-putih-kelabu introvert versi sudut pandangku, hanya bersumber pada perasaan tanpa berdasar pada ilmu pasti! Ingat, Orang introvert itu tidak aneh hanya nyleneh (eaaa gitu deh).

Seorang Introvert Super Baper Tidak Cocok Bisnis Model MLM!

Seorang Introvert Super Baper Tidak Cocok Bisnis Model MLM! || Pernah ngalamin didekati oleh teman lama atau bahkan teman baru yang tiba-tiba nawarin sebuah bisnis ajaib dengan keuntungan bertubi-tubi, diajak ikut seminar atau sekedar ngumpul dengerin orang cerita menggebu-gebu pamer kesuksesan ini itu yang bikin ngiler. Pernah? Pernah gak? Pernah engakkkkkk???? jawab dong! yang keras jawabnya gak kedengeran tau!!!!! *gak dhing, gak sudah teriak jawabnya, dalam hati aja.....

Berdasarkan survey ngasal yang aku rasakan sih punya bisnis sendiri itu adalah impian banyak orang. Beberapa temanku sempat ada yang curhat pengin punya bisnis sendiri, bisa tetep deket dengan keluarga, bisa terus di rumah tanpa kemana-mana tapi banyak duit. Lalu mereka bertanya "enaknya bisnis apa ya?", sejujurnya aku paling bingung jawabnya kalo dapat pertanyaan seperti itu. Mungkin mereka curhat dan mengajukan pertanyaan itu karena mengira aku yang kerjanya enak-enakan cuma di rumah aja gitu.

Aku hanya bisa jawab bahwa mulai aja dengan apa yang kamu suka, yang kamu bisa, yang kamu minati, yang bisa kamu jual. Tapi sayangnya jawaban seperti itu tidak memuaskan karena mereka justru makin mengeluh bahwa tidak tau yang diminati, gak tau bakat dirinya sendiri. Terus piye jal? karena aku mentok gak bisa jawab jadi dikira sombong gak mau berbagi tip. *mulai baper......

Kalo menurutku bisnis atau membuka usaha sendiri itu berkaitan erat dengan minat masing-masing, bisa dimulai dengan hal-hal sederhana misal dari yang disukai yang sekiranya bisa dijual, gak harus berupa produk nyata yang dijual gitu loh ya, bisa juga itu berupa jasa misal suka memfoto ya coba aja buka usaha foto untuk acara nikahan atau apa gitu.

Aku sebagai seorang introvert merasa tidak tertarik kerja kantoran, ketika aku kenal dengan internet saat itulah aku merasa tertarik belajar blog, hingga akhirnya kenal yang namanya jualan online, publisher adsense dan sekitarnya. Aku pelajari semua dengan otodidak. Hingga sekarang pun aku masih terus belajar.

Aku memang lebih cocok untuk bisnis atau kerja yang model-model diam aja didepan pc, online dan sekitarnya. Aku merasa paling tidak cocok adalah bisnis model MLM! Enggak tau kenapa, mungkin karena faktor introvert:

  • Sulit Berinteraksi Dengan Orang Baru
Bisnis model MLM itu kerjanya nyari member baru gitu kan? untuk bisa dapat member harus nawarin ke orang-orang itu kan? Nah loh, kalo berinteraksi dengan orang lain aja susah gimana bisa dapat member baru? gimana bisa presentasi?

    • Terlalu Baper
    Bisnis model MLM itu tugasnya nyari member baru agar dapat duit kan? nah masalahnya selaku introvert yang super baper itu semacam dihantui rasa bersalah, masak iya tega ngomong muluk-muluk ini itu supaya target member kecantol. Atau jual produk ini itu dengan muluk-muluk bahwa produk itu kasiat sangat sakti padahal sebenarnya gak tau juga apakah produk itu benar-benar sakti atau tidak.

    Jadi ya gitu deh, buat siapa aja yang nawarin bisnis MLM kepadaku mohon maaf aku gak tertarik. Dan buat siapa aja, terutama orang awam yang ingin mulai bisnis sendiri ketika dapat tawaran bisnis model MLM sebaiknya tanyakan pada diri sendiri dulu cocok gak dengan model yang mencari-cari member baru seperti itu? Kalo dari awal gak yakin mendingan gak usah, karena nanti endingnya sia-sia dan duit kamu yang buat modal itu hanya masuk ke leader atau atasan kamu yang ngajakin gabung.

    Orang-orang yang masih kerja kantoran dan ingin mulai punya bisnis sendiri biasanya menjadi sasaran empuk bagi bisnis-bisnis model MLM. Maka dari itu, ya itu tadi tanyakan pada diri sendiri dulu yakin atau enggak?

    Lagian bisnis model MLM itu kebanyakan gak langgeng, sebuah produk hanya populer sesaat, lalu kemudian berlahan menghilang tapi muncul lagi nama baru tapi caranya tetep sama yakni model MLM.

    Lalu apakah iya orang tipe introvert itu semua tidak cocok bisnis model MLM? ya enggak juga, kalo introvertnya model kayak aku ini sumpah gak cocok, alasannya ya seperti dua point diatas! Tapi sebaiknya introvert atau enggak kalo bisa hindari bisnis model MLM! Cari bisnis lain yang sistemnya gak MLM!

    Salam malu-malu,
    dari pojokan

    Share :

    Facebook Twitter Google+
    2 Komentar untuk "Seorang Introvert Super Baper Tidak Cocok Bisnis Model MLM!"

    hahahaha.... bener banget mbak...saya juga ngerasa bisnis MLM paling ga cocok deh dengan saya

    iya sebisa mungkin cari yang lain, tapi sebel juga kalo masih aja ada yang nawarin, apalagi kalo yang nawarin sodara atau teman, mau langsung nolak sungkan tapi kalo gak langsung ditolak kok ya zebelllll sendiri jadinya....

    Baca Juga:

    Back To Top