Introvert dan Pemalu adalah dua hal yang berbeda. Aku sih kebetulan mengidap dua-duanya, parah memang tapi rapopo. Dan siapapun kamu, iya kamu! perlu tau tentang introvert, kenapa? ya siapa tau aja kamu, pacar,anak atau siapamu itu introvert jadi biar lebih mudah memahaminya. Blog ini sekedar catatan hitam-putih-kelabu introvert versi sudut pandangku, hanya bersumber pada perasaan tanpa berdasar pada ilmu pasti! Ingat, Orang introvert itu tidak aneh hanya nyleneh (eaaa gitu deh).

Bagaimana Nasib Seorang Introvert Saat Memasuki Dunia Kerja?

Bagaimana Nasib Seorang Introvert Saat Memasuki Dunia Kerja? karena dia kan tidak seperti orang pada umumnya gitu kan, dia lebih berenergi ketika menyendiri padahal biasanya lowongan kerja itu kadang ada syarat "bisa bekerja secara individual atau pun kelompok/tim", iya kan? Belum lagi kalo pekerjaanya itu mengharuskan untuk berinteraksi dengan banyak orang gitu.

Yah kalo introvertnya dengan kadar pemalu yang tidak berlebihan tentu tak masalah, karena pada dasarnya introvert itu punya keahlian dan keberanian untuk berinteraksi atau melakukan hal-hal yang ia inginkan kecuali ya itu tadi kalau disertai dengan sifat pemalu yang menonjol tentu akan kesulitan jika harus berinteraksi dengan banyak orang gitu kan?

Dan kadang ada pandangan bahwa kesuksesan itu adalah milik kaum ekstrovert yang memiliki kemampuan sosial yang baik, banyak teman, ceria dll. Ah, tapi itu kan tidak benar, jadi buat kaum introvert jangan kawatir karena kesuksesan dalam urusan karir atau pekerjaan itu tidak tergantung pada introvert atau tidaknya, orang yang gak introvert ada yang sukses begitu juga sebaliknya.

Banyak kok tokoh-tokoh yang terkenal di dunia baik bidang teknologi, bisnis, penulis, bahkan dalam bidang ilmu pengetahuan, walau pun mereka punya kepribadian yang cinderung introvert, seperti:

1. Mark Zuckerberg (pendiri dan pemilik situs Facebook)
Seorang CEO sebuah jejaring sosial yang sangat populer didunia yakni facebook, meski tak lulus kuliah dan cinderung introvert tapi ternyata dia mampu membuat sesuatu yang luar biasa gitu kan?

2. Warren Edward Buffett
Warren Edward Buffett adalah investor, triliuner dan dermawan asal Amerika yang kekayaanya pada tahun 2013 masuk sebagai orang ke-4 terkaya di dunia. Warren Buffet sendiri dideskripsikan sebagai seseorang yang penuh dengan karakter introvert, hanya saja ia mampu memanfaatkan karakternya ini dengan sangat baik melalui ketekunan, pemikiran bijaksana dan tahu kapan ia harus bertindak. Kepribadian introvert inilah yang menjadi kelebihannya, di saat orang lain tidak dapat berpikir jernih, ia selalu berpikir dengan hati-hati. Buffet sendiri mengatakan: "untuk menjadi sukses dalam investasi, tidak ada hubungan dengan IQ, yang diperlukan adalah kepintaran umum dengan temperamen yang baik untuk mengaturnya."

3. JK Rowling, seorang penulis buku Harry Potter yang begitu mendunia dan sekaligus seorang milyarder dunia. Rowling, demikian nama panggilannya, mengakui dirinya termasuk kaum introvert yang memiliki kepribadian tertutup. Bahkan Rowling mengaku tidak memiliki banyak teman ketika sekolah.

4. Bill Gates
Bill Gates adalah contoh seseorang yang introvert tapi bukanlah pemalu. Ia hanyalah seseorang yang tidak banyak berbicara dan suka membaca, tapi juga kokoh dengan kepribadiannya. Ia merupakan salah satu contoh terbaik bagaimana seorang introvert dapat mencapai kesuksesan yang luar biasa. Jika kita menyebut nama Microsoft maka Bill Gates dapat disebut sebagai lambang dari Microsoft.

5. Albert Einstein
Albert Einstein adalah ahli teori fisika asal Jerman yang sering sekali disebut sebagai seorang introvert. Seperti kebanyakan introvert lainnya, ia selalu melakukan pemikirannya sendiri, hingga ia sendiri mengatakan: "Suasana sepi dan monoton dari kehidupan yang tenang merupakan kunci dari pemikiran yang kreatif." Kalimat ini adalah salah satu ucapan mutiara dari Albert Einstein.

6. Dan masih banyak lagi tokoh-tokoh yang sukses dan terkenal walau punya kepribadian yang cinderung introvert.

Yah, itu sih contoh-contoh orang yang sukses meski berkarakter introvert, terus apa yang aku rasakan selaku orang yang ngaku cinderung introvert dan pemalu?

Ketika aku lulus kuliah, aku sudah berfikir ingin mencari kerja dalam dunia tulis menulis buku karena aku rasa itu sangat menarik dan cocok denganku. Akhirnya aku ke Jogja karena kepincut dengan tawaran kerja yang berbau-bau tulis menulis gitu. Ceritanya anggap aja rumit dan meski dunia tulis menulis tapi serasa sesat, singkat cerita gak usah diceritain, intinya pekerjaanya gak seperti yang diiming-imingkan gitu (Kalau mengingat masa-masa itu pun rasanya lucu gimana gitu).

Keluar dari jalan yang cinderung sesat itu aku kembali masuk lagi ke dunia tulis menulis, iya memang kerjaanya nulis buku sih tapi makin lama aku merasa gak sreg, seperti ada yang ganjel gitu. Akhirnya lagi-lagi keluar deh.

Yah, ceritanya aku keluar masuk gonta-ganti kerjaan, aku sendiri bingung memilih kerjaan, karena ya itu tadi pada dasarnya aku kan cinderung introvert dan pemalu jadi susah aja gitu cari kerjaan yang pas seperti seleraku, sementara itu kalau aku yang menyesuaikan diri juga susah banget. Seolah-olah tak ada harapan untuk menjadi sukses seperti orang-orang dalam contoh diatas dengan latar belakang karakterku yang cinderung introvert dan pemalu.

Intinya perjalanan dunia kerjaku sangat gak jelas, aku masih aja kekeh ingin bekerja sesuai kesukaanku tanpa terikat, tanpa aku harus mengubah diriku. Hingga akhirnya aku lebih memilih dunia online untuk mencari peluang baik untuk mendapatkan uang atau pun sekedar bersenang-senang, sebut saja aku pilih menjadi blogger yang kadang jualan lewat blog.

Tentang kisah pilihanku yang kini hanya memilih menjadi blogger baca dipostingan selanjutnya "Ketika Seorang Introvert Memilih Menjadi Blogger". Pokoknya jangan gelisah soal dunia kerja atau karir, karena kalau kamu introvert kamu pasti tau apa yang kamu mau dan apa yang harus kamu lakukan.

Salam Malu-malu,
dari pojokan

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Bagaimana Nasib Seorang Introvert Saat Memasuki Dunia Kerja?"

Baca Juga:

Back To Top