Introvert dan Pemalu adalah dua hal yang berbeda. Aku sih kebetulan mengidap dua-duanya, parah memang tapi rapopo. Dan siapapun kamu, iya kamu! perlu tau tentang introvert, kenapa? ya siapa tau aja kamu, pacar,anak atau siapamu itu introvert jadi biar lebih mudah memahaminya. Blog ini sekedar catatan hitam-putih-kelabu introvert versi sudut pandangku, hanya bersumber pada perasaan tanpa berdasar pada ilmu pasti! Ingat, Orang introvert itu tidak aneh hanya nyleneh (eaaa gitu deh).

Kapan Seseorang Tahu Bahwa Dirinya Introvert?

Kapan Seseorang Tahu Bahwa Dirinya Introvert? Saat berusia dewasa atau saat merasa dirinya berbeda dengan orang pada umumnya gitu kan? Ya mungkin tahunya ketika dia tau instilah introvert dan ciri-cirinya, saat merasa ciri-cirinya itu dia banget ya saat itulah dia memvonis bahwa dirinya itu introvert.

Aku sendiri termasuk lambat dalam mengetahui istilah introvert, entah tahun berapa yang pasti itu terjadi ketika aku usianya sudah cukup tua (entah taun 2010 atau 2011 atau mungkin setelahnya aku lupa). Saat itu aku nonton tv dimana temanya membahas soal anak introvert, dari situlah aku merasa apa yang dibahas di tv itu kok aku banget, kemudian aku baca-baca artikel-artikel tentang introvert, dari situlah aku menyadari bahwa aku cinderung introvert.

Istilah Introvert dipopulerkan oleh seorang tokoh Ilmu Psikologi yang bernama Carl Jung. Bahkan Ia mengelompokan Introvert sebagai kaum minoritas, itulah mengapa introvert dipandang aneh ketimbang orang pada umumnya yang kebanyakan ekstrovert.

Tapi meski dikategorikan kaum minor, peranan orang-orang introvert dalam kehidupan sosial sangat menonjol. Mungkin karena gestur dan sikap mereka yang sangat berbeda dengan kelompok yang lebih dominan yaitu kaum ekstrovert.

Aku memang merasa berbeda dengan orang-orang pada umumnya, mereka suka ‘itu’ tapi aku sukanya ‘ini’, mereka merasa ‘gitu tuh asyik’ tapi aku merasa ‘gini tuh lebih asyik’. Seolah aku ini berkebalikan dengan orang-orang pada umumnya. Sebelum aku menganal instilah introvert, aku sempat mikir ‘apakah aku ini gak normal?’

Sejak tau istilah introvert aku seperti lebih mengenal diriku sendiri, bahwa ini bukan penyakit atau bukan ketidak normalan. Introvert itu adalah karakter bawaan. Introvert dipandang aneh itu karena memang orang pada umumnya cinderung ekstrovert bukan introvert.

Salam malu-malu,
dari pojokan

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Kapan Seseorang Tahu Bahwa Dirinya Introvert?"

Baca Juga:

Back To Top