Senin, 27 Juni 2016

Kenapa Introvert Itu Pendiam? Salah Satunya Karena Lebih Suka Dialog Dengan Diri Sendiri

Kenapa Introvert Itu Pendiam? Salah Satunya Karena Lebih Suka Dialog Dengan Diri Sendiri || Bukanlah hal yang rahasia bahwa introvert itu identik dengan sosok yang pendiam. Aku sendiri merasa lebih nyaman menjadi pendengar saja saat berada dalam sekumpulan orang yang sedang mengobrol. Kadang dalam diam itu semacam menganalisa obrolan atau mengamati orang-orang sekitar.

Lebih dari itu hal lain yang sering aku lakukan dalam diam adalah dialog dengan diri sendiri. Aku seringkali semacam mengobrol dengan diri sendiri. Dan berdasarkan apa yang aku baca memang orang introvert itu cenderung lebih banyak menggunakan lobus frontalis, yaitu bagian otak yang bertugas merencanakan, memikirkan penyelesaian masalah, serta mengingat.

Orang introvert lebih terampil merasuki dunia dalam, yaitu dunia dirinya sendiri. Orang introvert selalu mencoba memahami dirinya sendiri dengan melakukan banyak merenung. Maka dari itu wajar bila sosok introvert itu menjadi orang yang memahami dirinya, berpendirian atau berprinsip (saking teguhnya kadang cinderung terlihat keras kepala), tidak mudah terpengaruh oleh orang lain atau senang menjadi dirinya sendiri, mengetahui apa yang menjadi tujuan dalam hidupnya.

Karena sering asyik dengan dunia dalamnya itulah introvert seringkali sibuk dengan dirinya sendiri, kurang peka terhadap lingkungannya dan akhirnya lingkungannya juga tidak dapat menerimanya dengan introvert dengan baik alias dicap aneh, gak mau bergaul dll. Introvert itu sebenarnya tau apa yg mereka mau namun sulit untuk mengkomunikasikannya kepada orang lain.

Tak jarang orang introvert itu lebih aktif didunia maya, entah ngeblog atau dimedia sosial seperti facebook, twitter dll. Dan jangan kaget bila menemui sosok yang ramai didunia maya tapi sangat pendiam ketika bertemu langsung. Seperti aku misalnya, banyak banget yang bilang atau merasa kecewa karena mereka tadinya mengenal aku didunia maya kayak orang cerewet tapi setelah tatap muka ternyata aku kebanyakan diamnya.

Yah gitu deh, intinya salah satu alasan kenapa orang introvert itu cenderung pediam adalah karena lebih suka dialog dengan diri-nya sendiri. Gitu aja! Ini sih yang aku rasakan dan mungkin oranglain yang berkepribadian introvert kurang lebih sih merasakan hal yang sama, tapi gak tau juga dhing.

Salam Malu-malu,
dari pojokan

6 komentar:

  1. hmmm..
    saya sangat jarang bahkan nyaris tidak pernah berdialog dengan diri sendiri.
    tapi saya memang lumayan aktif di dunia maya terutama fesbuk.
    berarti saya pemalu yaa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tau juga sih, kalau didunia nyata aktif gak?

      Hapus
    2. sebenarnya pemalu atau endak diri kita sendiri sih yang tau karena kitalah yang merasakannya. Kalau orang lain yang menebak ya bisa jadi benar bisa jadi salah :)

      Hapus
  2. Bener banget mbak,kadang diam sering dikira lagi bete atau marah. Padahal nggak, disitu kadang aku ngerasa sedih dan iri, pengen juga seperti mereka yang bukan introvert bisa dengan mudahnya bercerita, ceplas-ceplos gitu. Apa mbak pernah merasa capek dan muak punya sifat introvert ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo merasa capek dan muak gitu ya enggaklah, karena memang ini sifat dasar kita jadi harus iklas menerimanya, gak perlu iri juga pada mereka gitu. Tapi memang sedih rasanya ketika kita gak bisa membuat mereka mengerti dan kita dianggap bak orang aneh.

      Hapus