Introvert dan Pemalu adalah dua hal yang berbeda. Aku sih kebetulan mengidap dua-duanya, parah memang tapi rapopo. Dan siapapun kamu, iya kamu! perlu tau tentang introvert, kenapa? ya siapa tau aja kamu, pacar,anak atau siapamu itu introvert jadi biar lebih mudah memahaminya. Blog ini sekedar catatan hitam-putih-kelabu introvert versi sudut pandangku, hanya bersumber pada perasaan tanpa berdasar pada ilmu pasti! Ingat, Orang introvert itu tidak aneh hanya nyleneh (eaaa gitu deh).

Cara Mudah Mengetahui Introvert Atau Tidak

Cara Mudah Mengetahui Introvert Atau Tidak || Semacam konyol, tapi aku pernah iseng ngisi test untuk tahu aku ini introvert atau tidak? Test itu berisi pertanyaan-pertanyaan seputar bagaimana saat mengambil keputusan, bagaimana saat dalam keramaian, bagimana dulu orang menilai dan lain sebagainya.

Karena rasa ini gak bisa bohong, maka aku jawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan jujur dan hasilnya dinyatakan bahwa aku introvert!

Entah bagaimana cara menentukannya, tapi yang pasti aku menemukan banyak komentar orang-orang yang ngaku introvert ditulisan-tulisan yang sempat aku baca-baca terkait tulisan tentang introvert. Begitu pula aku, yang tanpa resep dokter dan jauh sebelum iseng test-test itu sudah memvonis diri-ku sendiri bahwa aku ini cinderung introvert.

Aku memvonis bukan tanpa alasan, karena aku merasa ciri-ciri tentang karakter introvert itu sangat aku banget gitu, misal:

  • Tidak banyak bicara (pendiam)
  • Tidak suka curhat masalah pribadi pada sembarang orang
  • Suka mengungkapkan sesuatu dalam bentuk tulisan (karena tidak suka banyak bicara)
  • Tidak suka keramaian, seperti mall atau pasar gitu rasanya gak banget gitu
  • Tidak suka ke acara yang banyak orang seperti pesta, mall atau pasar
  • Suka mengamati dan berimajinasi
  • Menghindari orang yang sok kenal
  • Suka menyendiri (suka suasana yang tenang atau tidak bising)
  • Perasa dan mudah tersinggung

Dan lain sebagainya, dimana intinya gambaran dangkal tentang introvert itu seolah memenuhi jiwaku. Mungkin ya gitu, orang bilang bahwa dirinya introvert itu hanya berdasar pada ciri-ciri aja tanpa pergi ke dokter atau kemana gitu. Karena introvert itu kan bukan penyakit jadi mungkin itulah mengapa banyak orang yang memvonis bahwa dirinya introvert walau tanpa resep dokter.

Untuk ciri-ciri introvert itu sendiri lebih lengkapnya silakan baca atau browsing sendiri, karena beberapa hal yang aku tulis diatas hanya bersumber dari apa yang aku rasakan, bukan berdasar pada ilmu pasti. Yang pasti kesulitan utama orang introvert itu kebanyakan adalah berkaitan dengan interaksi dengan khalayak ramai, sumpah capek rasanya berada ditempat yang ramai gitu.

Salam malu-malu,
dari Pojokan

Share :

Facebook Twitter Google+
6 Komentar untuk "Cara Mudah Mengetahui Introvert Atau Tidak"

Saya kurang setuju kalo introvert sama dengan pemalu! Pada dasarnya seorang introvert tidak pemalu, coba baca lagi artikel tentang introvert lainnya.

ya coba baca lagi juga, karena aku juga pernah menulisnya kok tentang introvert yang tak sama dengan pemalu di--> http://introvertpemalu.blogspot.com/2015/08/antara-introvert-dan-pemalu-berbeda.html

Dan dalam tulisan diatas pula aku tak menyebutkan bahwa introvert sama dengan pemalu kan?

terimakasih sudah menyimak dan berkomentar di blog ini.
salam,

Menurut saya ciri2 yg ditunjuk diatas hanya gambaran umum menurut para peneliti/psikolog atau apalah itu namanya. Jd saya kurang setuju kl hal itu dikatakan sbg gambaran dangkal. Lebih tepat (mungkin) kl disebut sbg gambaran umum. Sementara kl ada introvert yg punya bakat ini itu lebih cocok disebut sisi lain kehidupan seorang introvert. Sama seperti psikopat jg ada yg ramah tp juga ada yg sangat tertutup. Saya sendiri seorang introvert tp saya suka ke mall ato tempat ramai lainnya, asal yg penting saya pergi sendirian.... :)

maaf aku sebut dangkal disini adalah untuk diriku sendiri sih, dangkal karena aku hanya mengambil ciri-ciri yang sekiranya aku rasakan, itulah mengapa disitu juga aku tulis untuk lebih lanjut silakan baca-baca ditempat lain karena meski sama-sama introvert pasti berbeda contohnya misal aku gak suka ke mall tapi mba Ratualit suka.

Gitu sih...
Terimakasih sudah berkunjung

Baca Juga:

Back To Top