Introvert dan Pemalu adalah dua hal yang berbeda. Aku sih kebetulan mengidap dua-duanya, parah memang tapi rapopo. Dan siapapun kamu, iya kamu! perlu tau tentang introvert, kenapa? ya siapa tau aja kamu, pacar,anak atau siapamu itu introvert jadi biar lebih mudah memahaminya. Blog ini sekedar catatan hitam-putih-kelabu introvert versi sudut pandangku, hanya bersumber pada perasaan tanpa berdasar pada ilmu pasti! Ingat, Orang introvert itu tidak aneh hanya nyleneh (eaaa gitu deh).

Inilah Daftar Jenis Pekerjaan Paling Cocok Buat Yang Introvert

Inilah Daftar Jenis Pekerjaan Paling Cocok Buat Yang Introvert || Bagi yang merasa dirinya introvert tentu bertanya-tanya kalau terjun ke dunia kerja gimana ya? mengingat kepribadiannya yang cinderung tak seperti orang pada umumnya. Introvert itu lebih produktif dalam suasana yang tenang, sepi bahkan sendiri sehingga pekerjaan yang pas adalah pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak berinteraksi dengan orang.

Jika introvert memaksakan diri dalam bidang yang memerlukan interaksi dengan banyak orang pasti akan sulit berkembang. Dan itulah yang pernah aku rasakan, aku pernah mencoba beberapa kali bekerja dalam bidang pekerjaan yang memang harus berinteraksi dengan orang-orang namun akhirnya bisa dibilang aku gagal, aku sadar bahwa aku ini punya kelemahan ketika harus berhadapan dengan banyak orang dan akhirnya aku tak mau memaksakan diri lagi. Jadi jika memang merasa diri kamu introvert maka dari awal saat mencari pekerjaan pilihlah pekerjaan yang cocok dengan karakter dan passion kamu.

Berikut adalah daftar pekerjaan yang paling cocok buat kamu yang introvert, apa saja?

1. Penulis

Kenapa penulis? Introvert itu cinderung hemat bicara dan lebih pandai berkomunikasi lewat tulisan. Seseorang yang introvert jika mau mengasah kemampuan menulisnya pasti bisa menjadi penulis yang hebat, karena ya itu tadi kelebihan seorang introvert adalah bisa menuangkan segala ekspresinya dengan baik lewat tulisan. Didukung dengan karakternya yang hemat bicara dan suka dalam keheningan pastinya akan lebih produktif mengahasikan karya-karya dalam bentuk tulisan yang dikemas menjadi sebuah buku. Jadi jangan ragu lagi, kalo memang passion terbesar kamu dalam bidang menulis maka menjadi seorang penulis hebat adalah pekerjaan yang paling cocok dengan karektermu yang introvert.

2 Akuntan

Kenapa akuntan? karena pekerjaan ini tidak butuh banyak berinteraksi dengan orang, pekerjaanya adalah berhadapan dengan laporan keuangan, menganalisa data dan lain sebagainya. Bagi seorang yang introvert tapi suka dengan angka-angka dan menganasila laporan-laporan yang berkaitan dengan keuangan tentunya menjadi akuntan adalah pilihan yang paling tepat. Dalam aktivitas kerjanya seorang akuntan itu butuh suasana yang tenang dalam mengelola data-data finansial jadi sangat cocok kan dengan karakter introvert yang suka suasana tenang?

3 Programer

Kenapa programer? karena kerjanya fokus bergelut dengan komputer dengan bahasa pemograman yang sedemikian rupa sehingga waktu kerjanya hanya duduk didepan layar. Jadi kalo kamu merasa introvert yang suka dengan bahasa pemograman untuk menghasilkan karya-karya dalam dunia digital coba sekolahnya ambil juruan ini dan kerja juga dibidang ini, yakin deh kamu bisa sukses.

4 Desain Grafis

Kenapa desain grafis? karena pekerjaanya berhubungan dengan mendesain, orang yang introvert biasanya dalam ketenangannya banyak sekali ide ini itu, nah buat yang introvert dan suka menuangkan idenya dalam bentuk desain-desain bisa nih ambil pekerjaan sebagai desain grafis.

5. Admin Media Sosial

Kenapa admin media sosial? diera digital seperti saat ini pekerjaan dibidang sosial media banyak dibutuhkan. Salah satu kelebihan introvert adalah berkomunikasi dalam bentuk tulisan, nah kalau menjadi admin sosial media sudah pasti kan komunikasinya dalam bentuk tulisan entah via facebook, twitter dan lain sebagainya. Seorang introvert bisa menjadi orang yang asyik, lucu dan ramah ketika berkomunikasi via media sosial. Itulah mengapa kadang orang bingung ketika kenalan dengan orang di internet rame banget tapi kok ketika ketemu langsung beda? gak banyak bicara?

6. Jualan Online

Kenapa jualan online? karena jualan online itu tidak berkomunikasi secara langsung tapi via email, sms, bbm dan sejenisnya. Pekerjaan ini paling cocok buat kamu yang introvert tapi ingin buka usaha bisnis sendiri. Bisnis dalam bidang Internet Marketing bisa jadi pilihan kamu, apalagi kini internet semakin luas dan hampir semua sudah kenal dengan yang namanya internet.

7. Peneliti atau penganalisa

Kenapa peneliti atau penganalisa? introvert itu memiliki kemampuan focus yang baik, dalam diamnya bisa menganalisa sesuatu atau hasil penelitian dengan baik. Jadi bisa jadi analisis pemasaran atau peneliti di laboratorium.

Itulah beberapa daftar pekerjaan yang paling cocok buat kamu yang introvert, seorang introvert itu bisa bekerja kantoran dan bisa juga buka usaha sendiri seperti orang pada umumnya, hanya saja perlu memilih bidang pekerjaan yang pas dengan karakternya.

Kalo aku sendiri bagaimana? ya itu tadi pernah mencoba pekerjaan layaknya orang ekstrovert tapi gagal, sempat jadi penulis buku umum di penerbitan teman tapi juga gak tahan, lalu akhirnya buka usaha sendiri yakni jualan online selama hampir 2 tahun, aku merasa cocok jualan online karena gak butuh interaksi face to face alias hanya via internet, bbm, sms atau sejenisnya. Tapi karena ada sebuah masalah di toko onlineku itu dan ada kendala sulit menemukan orang yang bisa diajak kerjasama dengan baik maka saat itu aku putuskan untuk menutup toko onlineku, lalu? aku tetap berkecimpung di dunia online, terutama di dunia blogging, aku pilih menjadi fulltime blogger!

Intinya sih, introvet itu harus bisa menentukan pilihan, mana yang sekiranya pas untuk dirinya. Aku tetap memilih berkecimpung di dunia online karena dari awal aku memang mengidamkan kerja dari rumah aja!

Bidang apapun yang kita pilih, tentu ada peluang sukses didalamnya, banyak kok introvert yang sukses dan terkenal di dunia entah dari bidang tulis menulis, teknologi, bisnis dan lain sebagainya.

Jadi jika kamu introvert tentu kamu tau apa yang kamu mau, apa yang kamu suka dan harus memilih yang mana. Daftar pekerjaan diatas hanya beberapa contoh pekerjaan yang cocok buat kamu yang introvert, diluar itu masih banyak pekerjaan lain yang mungkin lebih cocok dengan diri kamu tingal disesuaikan aja dengan apa adanya kamu.

Salam Malu Malu,
dari pojokan

Share :

Facebook Twitter Google+
13 Komentar untuk "Inilah Daftar Jenis Pekerjaan Paling Cocok Buat Yang Introvert"

sama-sama, trimkasih sudah berkunjung di blog ini :)

Makasih mba widha utk berbaginya. Menurut yg mba widha sudah tau dan ngerti, introvert ini sebenarnya genetis atau bentukan kepribadian yg terbiasakan atau tertanam sejak usia dini sih?

oke, jawabannya aku posting khusus di postingan yang berjudul "Kepribadian Introvert Itu Genetik Atau Kebiasaan (Dari Faktor Lingkungan)?" linknya --> http://introvertpemalu.blogspot.com/2016/09/kepribadian-introvert-itu-genetik-atau.html

Terimakasih....

gw sndiri programmer :)
mbak widha introvert ini kek nya, kok gua lihat artikelnya kena smua ke gw , haha

pantes jadi progammer, sukanya pasti diem aja didepan laptop. *aku sendiri suka diam aja, pengen jadi programmer tapi backgroundnya jurusan admin jadi ya udah cukup jadi blogger aja :)

Ribet banget ya...
Pasalnya jadi seorang Introvert kan sifat dan pendiriannya beda dengan kebanyakan orang (umumnya).
aku terkadang bingung kerja ini-itu, tp ngga cocok gimana gitu :((

iya aku coba pernah coba kerja dimana-mana gak betah, akhirnya kerja sendiri yg sekiranya cocok (tidak kantoran), akhirnya milih dibidang IM aja

sepertinya kita ada kesamaan nih mba Widha. kurang enak ya mba jadi introvert, tapi mau diapain lagi. thanks for sharing :)

Iya, kalo menurutku sih memang gak enak tapi tetep ada enaknya kok. Yang penting kita bisa menerima diri kita sendiri.

Terima kasih inspirasinya, Mbak Widha. Emang lagi bingung mau bidang apa bagi pribadi yang introvert ini. Btw, boleh minta id medsosnya, Mbak? hehe Soalnya jarang ketemu yang sesama introvert, gak semua orang bisa nerima karakter ini.

aku sebenarnya gak begitu aktif disosmed...jarang update status, kalo bikin status ya paling gak penting, akun sosmed diantaranya:

IG @widhawatitok

twitter @mbak_widha

Fb http://facebook.com/wong.anteng

Baca Juga:

Back To Top