Kamis, 11 Juli 2019

Orang Introvert Susah Lulus Kuliah? Sulit Menjalani Proses Kuliah? Calon Pengangguran?

Dalam dunia introvert banyak paradigma atau bahkan ketakutan ini itu. Misal orang introvert susah jodoh, apakah orang introvert bisa sukses dan kalau didunia pendidikan misalnya orang introvert susah lulus kuliah, sulit menjalani proses kuliah dan ketika sudah lulus kuliah mau kerja apa? dll. Dan apakah semua itu benar? Tergantung yang jalanin sih, aku sendiri juga mengalami ketakutan-ketakutan itu.



Aku dulu SMA di desa, lalu pengin kuliah ambil jurusan yang berbau-bau teknologi seperti IT atau bidang kreatif seperti bikin animasi dan semacamnya. Tapi gak jadi karena tempat kuliahnya yang bagus itu (meski swasta) posisinya di Jogja. Entah mengapa saat itu aku gak mau kuliah di Jogja, aku mikirnya gak cocok dengan lingkungan pergaulannya gitu.

Introvert Akhirnya Masuk Kuliah


Pada akhirnya aku kuliah di Semarang, cuma ambil D3 doang karena mikirnya nyoba dulu aja entar kalo lulus bisa kuliah lagi gitu kan. Aku kuliah di Politeknik Negeri Semarang bertempat di Tembalang, searea sama UNDIP karena POLINES itu dulunya memang bagian dari UNDIP tapi kemudian berdiri sendiri.

Entah mengapa dulu aku ambil jurusan Administrasi Niaga, beruntung sekali semua tidak sengeri yang aku bayangkan. Karena kuliah di Polines Jurusan AN saat itu gak jauh beda seperti kala SMA yakni masuk jam 7 pagi pulang jam 2 siang, hari Senin dan Kamis pakai seragam. Aku masuk kelas pagi jadi jadwal kuliahnya sudah pasti gak ngacak gitu, kalau yang kelas sore memang jadwal kuliahnya kadang masuk pagi kadang masuk sore atau siang.

Introvert Semasa Kuliah Dan Nilai Terburuknya


Aku menjalani kuliah biasa aja, maksudnya biasa datang duduk diam pulang kos gitu. Pelajaran yang paling gak aku suka adalah bahasa inggris, dimana nilainya dapat rekor terburuk yakni pernah dapat nilai D paling sering dapat nilai C, pernah dapat nilai AB sekali tapi aku rasa itu pak Dosennya yang khilaf *hahaha.

Aku merasa mengalami kegalauan itu waktu PKL dan awal-awal nyusun Tugas Akhir. Dulu aku PKL di PLN Ungaran yang seberang pabrik Nissin itu loh. Saat PKL itu hawanya seperti gak cocok kerja kantoran, dan sebenarnya aku tau ibu yang di PLN itu menilaiku tidak seperti yang lainnya yang layak seperti orang bekerja. Mungkin aku dianggap terlalu pendiam dan aneh, tapi untungnya teman PKL itu orangnya baik-baik jadi meski aku pendiam tetep gak dikucilkan. (Teman PKL kala itu orang Semarang semua, namanya Yuni, Yanti, Yuli). Aku ingat PKL-nya dulu Agustus 2008, udah lama dong? Ya iya, gak tau apa aku ini udah tua –hehehe-.

Introvert Galau Masalah Tugas Akhir Kuliah


Waktu Tugas Akhir yang bikin galau adalah aku dapat pembimbing dimana satu kelas pembimbingnya gak ada yang sama denganku. Udah gitu kan bahan Tugas Akhir itu harus melakukan survei ke tempat-tempat usaha langsung. Bikin proposal, bikin kuesiner ini itu, terus masalahnya apa? Ya masalahnya aku bingung mau ambil dimana, aku takut ngajuin proposal, takut ditolak. Dan akhirnya kala itu aku ngajuin lokasi survey di salah satu dealer YAMAHA di Klaten.

Selesai ngajuin proposal dan survei itu lanjut galau ngajuin proposal ke pembimbing. Teman sekelas gak ada yang sama, gak ada temennya bimbingan. Tapi ya udah gak papalah, lanjut aja terus. Dan suatu ketika aku mulai rajin ke perpus liat-liat TA lulusan sebelum-sebelumnya. Hingga akhirnya bolos sehari buat ngerjain TA, bodohnya aku kala itu bolos gak liat-liat jadwal kuliah. Nah waktu bolos itu ternyata ada jadwal kuliah yang dosennya adalah pembimbing ke II. Hari berikutnya waktu masuk kuliah ada teman bilang “wong anteng wingi nang ndi, goleki emak mu loh”, katanya bu dosen waktu absen bilang “Widhawati ini yang bimbingan sama saya kan, kok gak masuk kemana”. Hari berikutnya mau bimbingan rasanya deg-degan gimana gitu, takut dimarahi tapi ternyata tidak, karena ternyata eh ternyata bu dosen yang terkenal galak itu baik kok, aku gak pernah dimarah-marahi waktu bimbingan.

Introvert Akhirnya Lulus Kuliah


Dan akhirnya September 2008 ujian lulus, Oktober wisuda tapi aku gak berangkat. Hal yang paling aku ingat hanyalah gak pernah jajan di kantin dan gak berangkat wisuda itu aja, selebihnya kalau kuliah ya datang duduk diam pulang kos. Tapi kalau ada tugas kelompok ya ngerjain, kalau disuruh maju presentasi ya maju. Tetap bergaul ma teman-teman meski saat mereka ngobrol aku hanya jadi pendengar yang sesekali nyletuk apa gitu.

Meski sempat galau-galau gimana gitu tapi selaku introvert aku gak merasa kalau susah lulus kuliah atau sulit menjalani proses kuliah. Karena pada dasarnya tergantung yang jalanin, kalau nurutin hawa takut ini itu, diam gak mau gaul dengan teman, gak berani maju presentasi atau semacamnya tentu saja bakalan susah lulus atau sulit menjalani proses kuliah.

Introvert Setelah Lulus Kuliah


Nah dulu mikirnya habis lulus D3 pengin kuliah lagi gitu kan? Tapi pada akhirnya gak kuliah lagi karena aku mikirnya mending kerja aja gitu. Waktu masuk dunia kerja itu pun akhirnya jadi masalah baru, masalahnya adalah aku gak pernah cocok kerja kantoran jadi berulang kali jadi kutu loncat. Lalu milih jualan online dan jadi full time blogger. Kerjaannya dikamar dikira pengangguran gitu. Tapi ya gak papa dipandang pengangguran dan gak keren, yang penting adalah aku bisa dapat penghasilan gitu aja.

Aku adalah introvert yang mengutamakan kenyamanan, soal status sosial itu gak perlu. Status kerjaan gak jelas dan dicibir itu gak masalah, mereka tuh gak tau betapa nyaman dan tentramnya bisa bekerja yang gak jelas kayak aku gini (*hahaha…). Tapi sebenarnya risih juga sih ketika ada orang lain yang nyuruh-nyuruh kerja kantoran atau nyariin kerjaan ini itu, mereka seolah gak mandang bahwa aku yang dirumah aja ini juga bisa dapat penghasilan.

Aku menulis seputar introvert susah lulus kuliah, sulit menjalani proses kuliah, calon pengangguran ini karena sepertinya banyak adek-adek yang berjiwa introvert kawatir tentang ini. Intinya ya itu tadi tergantung yang jalanin dan yang terpenting adalah meski pendiam tapi jangan lupa tetap bergaul ma teman biar gak terkucilkan, kalau ada tugas kelompok ya ikut ngerjain, kalau ada tugas presentasi ya maju aja kalau perlu banyak latihan ngomong biar gak grogi waktu maju presentasi. Kalau soal kerjaan ya pilih aja yang paling cocok, paling nyaman. Karena pada umumnya orang introvert itu milih pekerjaan berdasarkan rasa nyaman. Udah gitu aja.


Salam malu-malu dari pojokan,
IG @widhawatitok

0 komentar:

Posting Komentar