Introvert dan Pemalu adalah dua hal yang berbeda. Aku sih kebetulan mengidap dua-duanya, parah memang tapi rapopo. Dan siapapun kamu, iya kamu! perlu tau tentang introvert, kenapa? ya siapa tau aja kamu, pacar,anak atau siapamu itu introvert jadi biar lebih mudah memahaminya. Blog ini sekedar catatan hitam-putih-kelabu introvert versi sudut pandangku, hanya bersumber pada perasaan tanpa berdasar pada ilmu pasti! Ingat, Orang introvert itu tidak aneh hanya nyleneh (eaaa gitu deh).

Dibalik Diamnya Seorang Introvert

Seorang introvert diidentikan dengan seorang yang pendiam nan misterius gitu, tapi tau gak sih dibalik diamnya seorang introvert itu apa yang ia lakukan? Biasanya saat diam itu sedang melakukan pengamatan atau menganalisa sesuatu, mulutnya emang diam tapi bisa jadi pikiran bahkan hatinya seperti sedang bekerja keras memahami apa yang terlihat atau terdengar.

Nah, dari hasil diamnya itu ia bisa menghasilkan hikmah atau point-point tertentu tentang mana yang negatif dan mana yang positif, mana yang harus ditiru dan mana yang semestinya dihindari. Tapi gak tau juga dhing, tergantung pola pikir masing-masing, karena apapun karakter orang, kadang ada yang cinderung berfikir positif tapi ada pula yang negatif. Atau kadang dalam diamnya itu tidak sedang menganalisa tapi sedang berimajinasi.

Lalu apa yang didapatkan dari hasil diamnya itu biasanya dikemas dalam bentuk tulisan, itulah mengapa kebanyakan orang introvert itu suka menulis, karena memang ia bisa dengan mudah menyampaikan apa yang ia pikirkan lewat tulisan entah di blog atau sedekar dalam statusnya di jejaring sosial. Kalau pun gak ditulis ya ia tetap mengambil point-point yang ada tapi untuk dirinya sendiri.

Selain itu dalam diamnya seorang introvert itu kadang juga bisa menganalisa dan menebak sifat seseorang, hanya sekedar membaca sifat loh ya bukan membaca pikiran orang. Karena aku sendiri merasakan dibalik diamku yang terkesan misterius ada teman yang mengira aku bisa baca pikiran orang, macam orang sakti atau indigo gitu, itulah mengapa kadang ada teman yang panggil aku dengan sebutan ‘mbah’ (macam mbah-mbah dukun gitu). Padahal aku diam-diam ya biasa aja, bukan yang diam-diam menghanyutkan atau mengharukan gitu.

Yah, salah satu ciri introvert yang cinderung pendiam itu kadang dipandang diam-diam menghanyutkan. Padahal diamnya introvert itu karena memang ia lebih suka mendengarkan ketimbang berbicara, itulah mengapa ada yang bilang introvert itu adalah pendengar yang baik. Dan dibalik diamnya itu kadang ada aktivitas ya itu tadi, semacam menganalisa apa yang didengar atau dilihat. Seorang introvert itu lebih sering melakukan dialog dengan dirinya sendiri sehingga lebih banyak diam.

Apa yang aku tulis ini menurut apa yang aku rasakan loh ya, mungkin aja ada juga introvert model lainnya dimana dibalik diamnya itu tidak melakukan aktivitas seperti apa yang aku tuliskan ini. Bisa aja diamnya dia itu ngantuk atau nahan kebelet **gak dhing, bercanda!

Salam Malu-malu,
Dari Pojokan

Share :

Facebook Twitter Google+
8 Komentar untuk "Dibalik Diamnya Seorang Introvert"

riset dan analisa yang cukup tajam.

ini cuma berdasar pada perasaan yang dialami aja bukan berdasar ilmu pasti :)

Mungkinkah Bintang anda CAPRICORN ???? ya, Anda yang sedang membaca comment saya ini.

hihhihi...

kok bisa ?

Kalo aku sih bukan capricorn (*Virgo)

Karakter introvet itu terbentuk karena dimasa keceriaan masa kecil kita pernah sekali mengalami suasana bathin yang down/sedih yang terbawa terus ke masa remaja/dewasa. Hal itu tidak terasa oleh kita karena kitapun kadang-kadang terbawa suasana gembira, namun dibalik kegembiraan kita kadang-kadang kita teringat kembali peristiwa yang tidak mengenakkan itu yang membuat kita menjadi murung dan pendiam dan lama kelamaan membentuk karakter kita.

Yub...betul sekali, kurang lebih seperti itulah yang aku rasakan :)

nah ternyata ada yang serupa. *lumayan nambah bolo nih *hahaha...

Baca Juga:

Back To Top